Kamis, 07 Maret 2013

TIPS MENDAKI GUNUNG UNTUK PEMULA

Eaauucckkk…..!!!


Malam bae….!!!

Salam lestari....!!!

Oi oi oi…!!!

Kali ini saya akan memposting beberapa TIPS MENDAKI GUNUNG BAGI PEMULA yang saya ambil dari berbagai sumber….

 Mungkin bagi orang awam atau orang rumahan, atau orang-orang yang belum pernah mendaki, pasti terlintas di benak anda segala macam bahaya, rintangan, capek, dingin, ular, dan lain sebagainya. Untuk menghilangkan pikiran negative mari kita pikirkan hal-hal yang positif, semua itu akan hilang dalam sesaat saat anda berada di puncak gunung, karena di puncak gununglah anda akan merasakan sensasi alam, sensasi keindahan alam ciptaan Tuhan.
Untuk anda yang belum pernah dan ingin memulai adrenalin dengan mendaki gunung, beberapa cara ini mungkin sedikit bermanfaat buat anda sekalianan dalam mendaki

berikut beberapa tips dari saya :

 Survey Jalur Pendakian

Sebelum anda memulai pendakian ada baiknya anda harus survey jalur pendakian sehingga anda mengetahui seberapa sulit jalur pendakian yang anda lalui. Sebaiknya survey di lakukan H-5.

 












Warming-up

Stamina dan mental yang kuat sangat dibutuhkan dalam pendakian. Karena itu sangat dianjurkan sebelum pendakian sebaiknya melakukan pemanasan rutin satu bulan sebelum pendakian. Caranya dengan melakukan lari pagi alias jogging, dll.

Pakaian Hangat

Pakaian hangat yang dimaksud disini seperti jaket tebal, sweater tebal, jumper tebal, flannel tebal, dll. Hal ini sangat penting karena rata-rata suhu udara di gunung relatif dingin dan pakaian hangat sangat diperlukan.  Satu hal yang wajib dan sangat diharuskan dalam pendakian adalah ponco (jas hujan) karena cuaca di gunung tidak menentu dan sewaktu-waktu bisa berubah.

  
Logistik Memadai

Yang dimaksud dalam logistic disini adalah makanan, minuman, peralatan dan perlengkapan masak memasak, dan kotak P3K. Usahakan kebutuhan logistik anda harus sesuai dengan tim dan sesuai dengan keberadaan anda selama di gunung. Untuk lebih praktisnya Sebaiknya anda membawa makanan instan (ikan kaleng, mie instan, dll), minuman kemasan dan kompor (kompor sumbu, kompor infus, trangia, paraffin, dll) hal ini bisa menghemat energi dan tenaga anda dalam pendakian.

 
 
Kantong Plastik

Hutan merupakan paru-paru dunia dan gunung merupakan jantung dunia. Salah satu upaya dalam pelestarian alam adalah dengan menjaga baik sebaik-baiknya dari sampah-sampah plastic. Selama anda dalam perjalanan pendakian alangkah baiknya bila anda tidak membuang sampah dengan sembarangan dan anda dapat mengumpulkan sampah-sampah plastik ke dalam kantong plastic yang anda bawa, dan anda adalah orang yang berpartisipasi dalam pelestarian alam dan keberlangsungan alam dan keindahan alam gunung tersebut.

Selain itu kantong plastik juga berguna melindungi barang-barang berharga anda selama pendakian seperti : pakaian, buku, hape, tablet, kamera, rokok, beras, dll dari air hujan dan kelembaban suhu. Caranya dengan cara memasukkan barang-barang tersebut ke dalam kantong plastic.


Dokumentasi

Dokumentasi berupa kamera, hape kamera. Agar anda bisa mendokumentasikan pendakian pertama anda.


Berdoa sebelum naik dan turun gunung

Berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing sangat dianjurkan sebelum dan sesudah melakukan pendakian. Hukumnya wajib anda lakukan sebelum dan sesudah pendakian. Agar selama anda dalam perjalanan mendapat perlindungan dari Tuhan, aman dan lancer sampai tujuan.


Miras

Untuk yang satu ini mungkin ada pengecualian khusus. Karena hal ini tergantung dari masing-masing pribadi person. Alkohol (cap tikus (minuman lokal manado)) sangat dibutuhkan (dalam hal ini suhu dingin), karena selain menjaga temperature suhu badan juga baik untuk pencernaan.  Miras juga bisa membawa kebersamaan dalam keberagaman tim pendakian.




Setelah di pikir-pikir dan dipikir lagi ternyata mendaki itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Dengan adanya beberapa tips sederhana di atas, mendakilah sepuas anda dan jagalah selalu kelestarian alam beserta isinya.

Mungkin inilah saatnya anda keluar dari kebosanan hidup dan menguji adrenalin anda dengan melakukan pendakian gunung.


Eaauucckkk…..!!!

Salam lestari…!!!

Oi oi oi…..!!!

So, mendaki gunung tidak serumit yang dibayangkan. Saatnya Anda menguji adrenalin dengan melakukan pendakian gunung dan mencoba langkah - langkah yang sudah di informasikan tersebut. 

 
















note : yang mo koment pilih anonymous

2 komentar:

  1. Wah..
    Keren.. @_@
    Poto-poto tentang miras itu beneran??

    BalasHapus
  2. iyee...
    beneran waktu disaat santai...
    :)

    emang ada kisah tentang miras...???

    BalasHapus